Fungsi & Pengertian Ram Komputer/Laptop

Fungsi & Pengertian Ram  Komputer/Laptop - Hallo semuanya, kali ini saya akan sharing seputar media penyimpanan data internal atau yang lebih dikenal dengan RAM. 

Pengertian Random Access Memory (RAM)


Random Access Memory (RAM) adalah memori yang dapat diakses secara random (acak). RAM berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu (power on / sedang hidup). RAM menyimpan data hanya bersifat sementara dan pada waktu komputer atau laptop menyala saja, dan apabila laptop atu komputer dimatikan maka data yang disimpan di RAM tadi akan hilang.

RAM juga akan mempengaruhi tampilan dari sebuah komputer atau laptop, dalam pengertian apabila RAM yang terpasang di dalam komputer atau laptop tidak dipasang dengan benar, maka dilayar monitor tidak akan ada tampilan apapun. RAM yang longgar atau tidak dipasang dengan benar juga akan menjadi masalah, masalah yang nantinya datang adalah tidak adanya tampilan pada layar monitor padahal komputer dalam keadaan menyala. Maka dari itu RAM harus dipasang dengan benar di slot yang telah disediakan oleh motherboard.


Fungsi RAM

Seperti diketahui bahwa RAM merupakan sebuah media penyimpanan data internal yang bersifat sementara atau pada saat komputer dan laptop menyala.

Untuk saat ini RAM pada laptop sudah masuk pada generasi DDR 5 sedangkan pada komputer masih pada generasi DDR 4.
Pengertian Dan Fungsi RAM

Sekian artikel singkat mengenai Fungsi & Pengertian Ram  Komputer/Laptop. Semoga dapat bermanfaat buat sobat semuanya.

*Jika Kurang Faham Tolong Berkomentar Dibawah,Ikuti Saya Jika Menurut Sobat RS Artikel Ini Bermanfat,Trims 

No comments

Powered by Blogger.