7 Hal Yang Membuat Komputer Menjadi Cepat Rusak

7 Hal Yang Membuat Komputer Menjadi Cepat Rusak - Semua orang mendambakan komputer yang awet dan tahan lama. Memiliki komputer dengan spesifikasi tinggi dengan daya tahan komponen yang lama tentunya dapat meningkatkan kepercayaan diri dan produktivitas seseorang. Tetapi, yang perlu dipertanyakan adalah apakah selama ini kamu sudah memperlakukan komputer yang kamu miliki dengan selayaknya? Atau jangan-jangan kamu malah membiarkan resiko yang besar terjadi yang dapat merusak komputer. Tentunya hal ini jangan sampai terjadi, rawatlah dan sayangilah komputer agar bisa bertahan hidup dalam waktu yang lama.

7 Hal Yang Dapat Membuat Komputer Kamu Menjadi Cepat Rusak

Pada artikel ini kami akan memberikan informasi yang sangat penting yaitu mengenai 8 hal yang dapat membuat komputer kamu menjadi cepat rusak. Jangan sampai hal ini terjadi pada teman-teman, makanya baca artikel ini sampai habis ya.

1. Debu Yang Menumpuk

7 Hal Yang Dapat Membuat Komputer Kamu Menjadi Cepat Rusak

Ventilasi yang ada pada komputer, tentunya harus dibarengi dengan adanya kipas pula. Komputer yang keren itu pastinya juga akan memiliki sistem pendinginan yang bagus juga. Akan dilengkapi dengan kipas yang berjalan secara konstan dengan keadaan ventilasi yang bersih. Seiring dengan berjalannya waktu, kipas pada komputer pasti akan dipenuhi oleh debu yang dapat mengganggu performa komputer. Lantas dari manakah debu-debu ini berasal? Ini semua gara-gara kamu menyimpan komputer di tempat-tempat yang tertutup atau misalkan dikolong meja, seperti kita ketahui bahwa di tempat-tempat tersebut banyak sekali kotoran dan debu yang tentunya tidak hanya dapat mengancam kesehatan komputer, namun juga akan mengancam kesehatan kamu. Apabila debu menumpuk pada komputer dibiarkan begitu saja, maka sudah jelas akan dapat menurunkan performa sebuah komputer karena suhu pada hardware menjadi tidak terkendali alias tidak stabil.

2. Ventilasi Yang Buruk

7 Hal Yang Dapat Membuat Komputer Kamu Menjadi Cepat Rusak

Semua komputer ataupun laptop pastinya akan membutuhkan ventilasi udara yang baik. Hampir dapat dipastikan bahwa tidak ada komputer yang casingnya tanpa lubang udara, karena hal ini teramat sangat penting. Komputer akan membutuhkan sirkulasi yang bagus untuk dapat menjaga suhu hardware. Masih banyak diantara kita yang mengindahkan permasalahan seperti ini, bahkan ada juga yang menempatkan komputer disembarang tempat. Padahal, komputer membutuhkan ruang yang cukup agar bisa menyerap udara dingin dan membuang hawa panas dari dalam. Tempat yang harus dihindari yaitu di bawah meja dan komputer yang menghadap ketembok.

3. Listrik Tidak Stabil

7 Hal Yang Dapat Membuat Komputer Kamu Menjadi Cepat Rusak

Terkadang ada beberapa rumah yang arus listriknya tidak stabil. Terkadang listrik memiliki voltase yang pas, namun terkadang tiba-tiba turun. Komputer yang terhubung langsung ke saklar tanpa adanya stabilizer akan memiliki resiko sangat besar mengalami kerusakan. Listrik yang turun secara tiba-tiba dan berkala saja bisa merusak komponen komputer, apalagi lonjakan voltase yang mendadak.

4. Kabel Yang Longgar/Rusak

7 Hal Yang Dapat Membuat Komputer Kamu Menjadi Cepat Rusak

Ini nih yang sering sekali terabaikan. Padahal peran kabel didalam komponen komputer ini terbilang sangat penting. Kualitas sebuah kabel pada komponen komputer harus sangat diperhatikan. Tidak hanya itu saja, tata letak atau susunan kabel juga harus kamu perhatikan, jangan sampai kabel-kabel tersebut dalam kondisi yang berantakan. Kabel yang longgar atau bahkan rusak dapat mengancam keselamatan komputer kamu, bahkan apabila sudah mengelupas dapat membuka celah yang besar terhadap masuknya air yang dapat menyebabkan konsleting.

5. Listrik Mati

7 Hal Yang Dapat Membuat Komputer Kamu Menjadi Cepat Rusak

Inilah salah satu hal yang dapat memperpendek umur komputer kamu. Listrik yang mati secara mendadak bisa menyebabkan perangkat keras komputer kamu menjadi cepat rusak. Hal ini karena komponen komputer akan berhenti bekerja secara mendadak apabila tidak adanya suplai dari arus listrik. Seperti yang diketahui bahwa arus listrik merupakan sumber energi untuk komputer. Hardware yang sering mengalami kerusakan apabila listrik mati mendadak adalah Hard Disk. Begitu juga dengan SSD, mengingat komponen ini berkaitan dengan penyimpanan data yang sensitif.

6. Kerusakan Fisik

7 Hal Yang Dapat Membuat Komputer Kamu Menjadi Cepat Rusak

Ini merupakan hal yang sering terjadi, ya kan? Bukan rahasia lagi jika kondisi tersebut memiliki resiko yang besar. Ketika komputer kamu mengalami guncangan yang besar, maka hardware yang akan terancam adalah Hard Disk dan media optik seperti CD/DVD ROM, karena komponen-komponen tersebut memiliki bagian yang bergerak didalamnya. Jika komputer mengalami guncangan yang sangat amat keras, masa resiko terjadinya gesekan didalamnya akan menjadi sangat besar dan dapat merusak keseluruhan komponen. Memang sih kini sudah ada SSD yang komponen didalamnya tidak bergerak, tetapi mengguncang komputer secara tidak normal akan tetap menimbulkan resiko.

7. Gangguan Karena Software

7 Hal Yang Dapat Membuat Komputer Kamu Menjadi Cepat Rusak

Jangan salah, software yang bermasalah namun tetap berjalan, atau bahkan virus juga punya peran yang besar terhadap berkurangnya umur dari komputer kamu. Virus atau software yang bermasalah akan memakan resource yang besar, dan mengaktifkan prosesor secara keras. Ini mengakibatkan hardware seperti RAM dan prosesor menjadi lebih mudah panas dan menurunkan daya tahan dari mereka.



Itu dia 7 poin mengenai hal apa saja yang bisa membuat komputer kamu menjadi cepat rusak.jangan lupa ya share dikolom bawah ini. Sekian dan terimakasih telah berkunjung di blog ini.

BACA JUGA :

1 comment:

Powered by Blogger.