Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows Menggunakan Aplikasi Rufus


readsolution.blogspot.com - Rufus merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk membuat bootable flashdisk sebuah sistem operasi. Maksudnya adalah kita akan memasukkan software master sebuah sistem operasi kedalam sebuah flashdisk. Ini digunakan agar flashdisk bisa digunakan sebagai media penginstalan sebuah sistem operasi. Menyalin master sistem operasi kedalam sebuah flashdisk tidak bisa dilakukan dengan sembarangan, harus mengikuti prosedur. Bukan main copas (copy paste) saja. Nah disini kita memasukkan master sistem operasi kedalam flashdisk (mambuat bootable flashdisk) dengan bantuan sebuah software yaitu rufus. Aplikasi ini bisa anda download di situs resmi rufus atau klik disini. Aplikasi ini tidak membutuhkan penginstalan, setelah didownload, maka aplikasi langsung bisa digunakan tanpa harus melakukan penginstalan terlebih dahulu. 
Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows Dengan Aplikasi Rufus

Langkah-langkah membuat bootable flashdisk windows

1. Colokkan flashdisk terlebih dahulu. Ukuran flashdisk yang akan digunakan digunakan:
  • Windows XP = minimal 2GB
  • Windows 7 = minimal 4 GB
  • Windows 8 = minimal 4 GB
  • windows 10 =  minimal 4 GB
2. Buka aplikasi rufus dan pastikan flashdisk telah terbaca di komputer atau laptop.

3. Masukkan master windows 



Klik icon yang ditunjukkan oleh panah gambar di atas. Kemudian cari master software windows yang akan anda masukkan ke dalam flashdisk.

4. Kemudian akan muncul seperti gambar di bawah ini, itu menandakan bahwa semua telah siap dan proses segera dimulai. Klik Start untuk memulai.


5. Proses dimulai dan anda tinggal menunggu sampai proses pembuatan bootable flashdisk ini benar-benar selesai. 


6. Proses telah selesai. Dan flashdisk telah siap digunakan untuk melakukan penginstalan.


Langkah selanjutnya yaitu merestart komputer atau laptop, kemudian atur bootingnya terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya, baca terlebih dahulu artikel Cara Membuat Bootable Flasdisk Windows Menggunakan Aplikasi Rufus. Dan selanjutnya tinggal melakukan proses instalasi sistem operasinya.

*Jika Kurang Faham Tolong Berkomentar Dibawah Dengan Sopan,Ikuti Saya Dan Share Jika Menurut Sobat Artikel Ini Bermanfat,Trims

BACA JUGA :

No comments

Powered by Blogger.