Faktor Penyebab Laptop Dan Komputer Menjadi Lambat

Penurunan kinerja atau melambatnya sebuah perangkay Laptop atau Komputer sering sekali terjadi pada setiap pengguna. Hal tersebut tentu sering membuat anda geram, terlebih jika anda sedang mengerjakan sesuatu yang dikejar deadline akan tetapi perangkat laptop atau Komputer amau bekerja sama karena kinerjanya yang lambat atau sering disebut dengan istilah lemot. Lalu apakah sebenarnya penyebab perangkat Laptop atau Komputer anda bisa menjadi lemot ?, berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan perangkat Laptop atau Komputer anda menjadi lambat atau lemot dan bagaimana cara mengatasinya.





Malware dan Spyware
Spyware dan Malware adalah program jahat yang dapat memperlambat kinerja perangkat anda. Kedua program jahat ini bisa masuk melalui celah manapun , terkebih jika perangkat anda sering terhubung dengan jaringan internet program – program jahat ini akan lebih mudah untuk menyusup kedalam system komputer atau Laptop anda.


Cara mengatasinya : instal program antivirus yang terpercaya, dan jangan lupa untuk selalu meng-update program antivirus tersebut. kemudian jangan pernah membuka email atau mengklik link – link yang mencurigakan ketika anda sedang menyambungkan perangkat Laptop atau Komputer anda dengan koneksi internet.


Prosesor Overheating
Prosesor adalah otak dari semua proses yang dilakukan oleh perangkat Laptop dan Komputer anda. Tugas prosesor yang begitu berat membuat komponen yang satu ini mudah sekali panas, jika prosesor mengalami panas yang berlebih atau overheating ini pun dapat menyebabkan perangkat anda menjadi lambat. Biasanya ini terjadi ketika perangkat digunakan dalam jangka waktu yang lama tanpa instirahat.


Cara mengatasinya : Jika anda akan menggunakan perangkat Laptop atau Komputer dalam jangka waktu yang lama sangat disarankan untuk mengistirahatkan perangkat anda sekitar 10 – 15 menit. Dan untuk perangkat Laptop gunakan CoolingPad Eksternal agar lebih memaksimalkan proses pendinginan terhadap perangkat tersebut.


Harddisk Low Space
Terlalu banyak data dan aplikasi yang terinstal pun bisa menjadi penyebab menurunnya kecepatan kinerja perangak Laptop atau Komputer. Proses Defragment Harddisk juga ternyata sangat mempengaruhi kepada kinerka perangkat anda. Selain kapasitas yang kurang, file yang berantakan pun dapat membuat perangkat anda lemot.


Cara mengatasinya : rapihkan data yang berada di Harddisk perangkat anda, Un-instal semua program yang saat ini sudah tidak anda gunakan. Dan juga lakukan proses defragment harddisk secara rutin, proses defragment harddisk ini selain bertujuan untuk merapihkan data pada harddisk juga dapat meminimalisir bad sector yang terjadi pada komponen harddisk anda.


Proses invisible
Kadang tanpa anda sadari ada beberapa program yang secara otomatis berjalan meski anda sebenarnya tidak menggunakan program tersebut. Hal ini tentunya akan memperbesar konsumsi space pada memori yang akan berdampak pada menurunyya kecepatan kinerja perangkat anda.


Cara Mengatasinya : lihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan pada Task Manager, jika ada aplikasi yang mencurigakan anda dapat mengakhirinya dengan meng klik tombol end task atau end process. Dan untuk mengurangi konsumsi space memori yang terlalu besar, hindari juga proses multitasking yang tidak perlu.

No comments

Powered by Blogger.