4 Teknologi Mencengangkan 4G LTE Advanced yang Belum Kamu Ketahui

4 Teknologi Mencengangkan 4G LTE Advanced yang Belum Kamu Ketahui
readsolution.blogspot.com - Buat kamu yang sudah menggunakan smartphone berbasis Android atau iOS, pastinya sudah tidak asing dengan istilah konektivitas 4G yang umumnya ada di setiap smartphone yang kamu gunakan. 4G LTE sendiri adalah standar telekomunikasi 4G yang digunakan oleh sebagian besar operator seluler di seluruh dunia pada saat ini.
Meski jaringan 4G LTE baru saja populer di kalangan pengguna smartphone Indonesia, namun generasi anyar dari 4G yakni teknologi 5G sudah mulai ramai diperbincangkan publik. Nah, di tengah-tengah kedua teknologi tersebut, ada teknologi yang disebut 4G LTE Advanced. Teknologi satu ini punya teknologi yang mencengangkan dibandingkan 4G LTE biasa.


4 Teknologi Mencengangkan 4G LTE Advanced Dibanding 4G LTE Biasa

4G LTE Advanced adalah pengembangan lanjutan dari teknologi LTE yang memungkinkan jaringan memiliki pencapaian coverage area yang lebih besar, stabil dan cepat. Biasanya pengembangan ini bisa dicapai di antaranya dengan penggunaan teknik multiantena (MIMO), dan penambahan Relay Nodes. Operator di Indonesia yang sudah menggunakan LTE Advanced ini adalah Smartfren. Berikut teknologi mencengangkan yang ada pada LTE-A.

1. Carrier Aggregation yang Secara Teori Menawarkan 1Gbps

Carrier-Aggregation
Salah satu kunci LTE Advanced adalah Carrier Aggregation yakni teknologi yang memungkinkan jaringan 4G berjalan di dua frekuensi berbeda. Keuntungan Carrier Aggregation adalah kecepatan datanya bisa dilipatgandakan untuk meningkatkan bandwidth sehingga meningkatkan bitrate. Teknologi ini bisa digunakan, baik untuk FDD maupun TDD. Soal kecepatan, teknik ini dapat memberikan kecepatan data yang sangat tinggi, secara teori hingga 1Gbps.
FDD kependekan dari Frequency Division Duplexing yaitu cara pengantaran data menggunakan dua buah channel yang berbeda antara transmit dan receive. Metode ini juga yang sekarang dipakai di Indonesia (kecuali Bolt) dan banyak negara Asia Tenggara karena memiliki keunggulan lebih jarang terkena gangguan interferensi dan resepsi penerimaan yang baik.
TDD kependekan dari Time Division Duplexing, di mana data diantarkan dan diterima dalam satu channel frekuensi yang sama, hanya dengan pemisahan jeda waktu yang singkat. Keunggulan cara ini yaitu kapasitas yang tersedia bisa menjadi lebih besar dibanding FDD mengingat pengiriman dan penerimaan data hanya menggunakan satu channel. Sangat cocok untuk data yang dikirimkan secara asimetris, misalnya untuk browsing Internet, video surveillance atau broadcast.

2. MIMO yang Meningkatkan dan Memaksimalkan Sinyal

MIMO
Multiple Input Multiple Output (MIMO), sistem ini termasuk bagian dari spatial multiplexing serta sebagai pra-coding dan transmit diversity. Prinsip dasar spatial multiplexing adalah mengirim sinyal dari dua atau lebih antena yang berbeda dengan aliran data berbeda dan dengan pemrosesan sinyal. Ini berarti pada penerima terjadi proses memisahkan aliran data, sehingga mampu meningkatkan data dengan faktor 2 (konfigurasi 2-by-2 antena) atau faktor 4 (konfigurasi 4-by-4 antena).
Dalam pra-coding sinyal ditransmisikan dari antena berbeda yang dititikberatkan untuk memaksimalkan sinyal yang diterima dibanding noise atau Signal to Noise Ratio (SNR)Transmit diversity mengandalkan untuk mengirimkan sinyal yang sama dari multiple antenna dengan beberapa coding untuk mengeksploitasi peningkatan dari independent fading antara antena.

3. Node Relay yang Meningkatkan Jangkauan Jaringan

Node relay
Nah, bagian perangkat keras yang dibawa teknologi LTE Advaced adalah node relay yang meningkatkan kecepatan data dan ketersediaan koneksi LTE, serta menawarkan lebih banyak koneksi. Sederhananya, node relay adalah stasiun induk bertenaga rendah yang digunakan untuk meningkatkan jangkauan jaringan

4. VoLTE untuk Panggilan Suara yang Super Jernih

VoLTE
Salah satu fitur yang ditawarkan 4G LTE Advanced adalah VoLTE yang merupakan layanan suara (voice) berbasis Long Term Evolution (LTE). Sebetulnya, layanan ini tak ada bedanya dengan layanan suara via teknologi 2G/3G. Hanya saja suara yang dihasilkan VoLTE diklaim lebih berkualitas dan jernih.
Itu dia teknologi mencengangkan yang ada pada 4G LTE Advanced dibandingkan dengan 4G LTE biasa. Nah, 4G LTE Advanced ini adalah jaringan yang benar-benar memenuhi spesifikasi 4G, meskipun pada praktiknya tetap tergantung pada penyedia operator tersebut.

No comments

Powered by Blogger.